Satu orang warga Desa Botuwombato, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, dinyatakan hilang saat melaut.

"Kami mendapatkan laporan warga setempat pada pukul 08.30 WITA, yang menginformasikan dugaan hilangnya satu orang warga Desa Botuwombato, Kecamatan Kwandang," kata Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution, di Gorontalo, Jumat.

Warga yang diduga hilang tersebut, bernama Usman Hasan (25), pekerjaan petani. Ia diketahui pergi melaut untuk memanah ikan di pesisir pantai Desa Botungobungo.

Dari keterangan 6 orang warga yang menjadi saksi kejadian, menginformasikan, pada pukul 01.00 WITA, mereka bertujuh sengaja melaut namun hanya di bagian pesisir pantai untuk memanah ikan.

Saat turun dari dermaga, dan memanah sekitar 1 jam lamanya, mereka memutuskan untuk segera kembali ke darat karena air laut segera pasang.

Diketahui, Usman ikut berjalan dan berada di belakang rombongan, namun kondisi ketinggian air laut sudah mencapai pinggang orang dewasa.

Saat akan tiba di dermaga, saksi sempat menengok ke belakang dan melihat korban masih memanah. Mereka berenam lalu memberi tanda lampu kepada Usman. Dan sempat dijawab dengan teriakan dalam sekali.

Teriakan tidak disertai dengan kalimat apapun atau permintaan tolong dari Usman.

Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk segera melaporkan ke pihak berwajib, tentang kondisi Usman yang diduga hilang.

Juprisan mengatakan, pihaknya langsung merespon laporan tersebut, serta berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka upaya pencarian.

Pencarian pun sementara berlangsung, dilakukan personel gabungan dari Polri, TNI dan Basarnas, serta warga setempat.

Diketahui, jarak lokasi memanah hingga dermaga sekitar 1 kilo meter. Hingga Jumat sore, Usman belum berhasil ditemukan namun peralatan memanah dan tas sudah ditemukan***
Tim gabungan dari Basarnas, Polri dan TNI di wilayah Gorontalo Utara, melakukan pencarian satu orang warga yang diduga hilang saat melaut, di Pantai Botungobungo, Kecamatan Kwandang, pada Jumat (6/1/2023). (ANTARA/HO-Basarnas Gorontalo Utara)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023