Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo optimistis program pemasangan 20 ribu listrik gratis ke warga kurang mampu, akan terlaksana semuanya di 2016.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, saat bertatap muka dengan masyarakat Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, menjelaskan bahwa bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pemasangan listrik gratis silahkan membuat permohonan melalui pemerintah desa dan kecamatan.

"Tahun ini saya telah berupaya untuk Gorontalo mendapat 20.000 pemasangan listrik Gratis," kata gubernur, Rabu.

Ia menambahkan, listrik gratis ini akan disalurkan secara bertahap, di mana saat ini yang sudah terlayani baru sekitar 7.000 rumah.

Untuk sisanya masih akan menunggu meteran listrik yang sementara dipesan oleh pihak PLN Area Gorontalo.

"Karena Gorontalo mendapat kuota terbanyak, sehingga PLN kesulitan dalam pemesanan meteran listrik tersebut," ujarnya lagi.

Namun masyarakat tidak perlu khawatir, sebab pemasangan listrik gratis ini sudah masuk dalam APBN maupunn APBD Provinsi Gorontalo.

Gubernur dalam kesempatan itu menjelaskan, apa yang dilakukan oleh pihaknya semata untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Gorontalo.

Dimana di sisi lainya Gorontalo saat ini sudah surplus listrik sekitar 75 MW melalui jaringan interkoneksi Sulawesi Utara-Gorontalo.

"Meskipun listrik sudah surplus, saya berharap masyarakat untuk tetap melakukan penghematan penggunaan perangkat elektronik, untuk mengurangi beban pembayaran listrik," tutupnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016