Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Provinsi Gorontalo akan mendapatkan bantuan benih padi dari Kementerian Pertanian pada tahun 2016, untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di daerah ini.

Menurut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie usai bertemu dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, mengatakan tahun 2016 pihaknya mendapat bantuan benih untuk sekitar 95 Ribu hektare lahan.

"Jumlah ini bertambah dari tahun 2015 yang hanya sekitar 70 ribu hektare, dan Mentan memberi penegasan untuk produksinya bisa lebih ditingkatkan lagi," kata Rusli belum lama ini.

Ia menambahkan, selain bantuan benih, tahun ini Gorontalo juga akan mendapatkan 1.000 ekor sapi jenis "Brahman cross" berasal dari Australia.

Bantuan sapi itu nantinya akan dibagikan di beberapa kelompok tani yang telah didata oleh dinas terkait.

"Perjalanan dinas saya ke kementerian Pertanian ini, dalam rangka membahas sejumlah bantuan untuk kemajaun produksi pertanian di Gorontalo," katanya.

Bahkan Provinsi Gorontalo mendapat apresiasi dari Mentan terkait model "Brigade Alsintan" di mana pengolaan serta perawatan alat-alat pertanian tersebut akan diserahkan ke Pemerintah, sebab dari segi perawatanya membutuhkan tenaga teknis.

"Jadi ketika Alsintan ini dibutuhkan masyarakat, baru akan diturunkan, setelah itu akan ditarik lagi untuk perawatanya," ungkapnya.

Gubernur sangat berharap nantinya Gorontalo akan menjadi salah satu daerah dengan swasembada beras maupun swasembada pangan, sehingga tingkat kebutuhan masyarakat selalu terpenuhi.  

Pewarta: Farid Dihuma

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016