Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ternyata miris melihat kondisi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin marak di daerah itu, sehingga beliau turun langsung terlibat Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di pemukiman warga, Kamis.

"Gebrak sarang nyamuk DBD", dengan melakukan PSN yang dipusatkan di Kelurahan Pulubala, Kota Gorontalo tersebut, Gubernur Gorontalo bersama Pemerintah Kota Gorontalo serta melibatkan unsur TNI dari Kodim 1304, Brigif 22 Otamanasa, Yonif 713 dan Kepolisian Daerah Gorontalo.

Gubernur Gorontalo bersama tim turut membersihkan selokan yang sudah tersumbat akibat pembuangan sampah sembarangan.

Pada kesempatan itu gubernur menyampaikan bahwa kegiatan PSN ini sudah pernah dilakukan sebelumnya, namun kali ini dilakukan secara besar-besaran dengan melibatkan banyak pihak, karena mulai meningginya kasus DBD yang hampir terjadi di semua daerah.

"Saya berharap ada partisipasi penuh dari masyarakat, sebab menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat menjadi tanggung jawab kita semua," kata gubernur.

Gubernur menambahkan, pemerintah sering dimarahi serta dikritik terkait penangan DBD, namun jika masyarakat juga tidak peduli dengan lingkungan sekitar, maka upaya pencegahan yang dilakukan tentu tidak akan maksimal.

"Yang terpenting baginya adalah bagaimana menyadarkan masyarakat agar selalu hidup sehat," tambahnya.

Pihaknya berharap agar pemerintah Kecamatan, lurah dan kepala desa, untuk bisa mengajak masyarakat secara gotong royong, guna dapat membersihkan lingkungan sekitar, dengan memperhatikan tempat bisa nyamuk berkembang biak.

"Bagi camat dan lurah yang peduli terhadap kebersihan lingkungan, maka akan ditingkatkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD)," tambah gubernur.

Kegiatan PSN ini masih akan berlanjut, dengan melibatkan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), baik di lingkungan Pemerintah Provinsi maupun di Kota Gorontalo, hingga kasus DBD menunjukan penurunan yang signifikan.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016