Korem 133/Nani Wartabone Gorontalo, ikut memamerkan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (alutsista) yang dimiliki, pada peringatan Hari Patriotik yang ke-81, 23 Januari 2023.

Pameran yang digelar di halaman taman makam pahlawan Nani Wartabone, di Desa Bube, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango menyedot perhatian pengunjung.

Danrem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Totok Sulistyono, Senin, mengatakan keikutsertaan pihaknya sebagai bagian mengeratkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Kita pun berpartisipasi dalam pameran bertajuk Sinergi, Kolaboratif dan Dedikasi untuk Gorontalo maju, sebagai bagian tak terpisahkan TNI dari daerah dan rakyat Gorontalo," katanya.

Korem 133/Nani Wartabone sebagai Komando Kewilayahan Kodam XIII/Merdeka dalam tugas pokok pembinaan teritorial, wajib berpartisipasi dalam menyemarakkan pameran alutsista senjata dalam rangka memperingati Hari Patriotik yang ke-81 tahun 2023.

Apalagi lokasi penyelenggaraan pameran di Bone Bolango, merupakan salah satu wilayah teritorial Korem 133/Nani Wartabone.

Sehingga partisipasi ini kata Danrem, merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi yang patut dijaga antara satuan TNI di wilayah, untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Bone Bolango merupakan kabupaten yang menjadi tempat lahir dan tonggak sejarah perjuangan pahlawan Nani Wartabone.

Pameran tersebut juga menjadi bagian penting dalam peran aktif Korem 133/Nani Wartabone dalam membangkitkan dan mengenang sejarah perjuangan Nani Wartabone dalam merebut Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang wajib diketahui generasi muda.

"Momen ini sangat berharga bagi kami sebagai satuan komando kewilayahan, karena dengan diselenggarakannya kegiatan ini, akan lebih dekat lagi dengan masyarakat. Juga sebagai wujud mempererat dan memperkokoh rasa memiliki baik TNI kepada masyarakat maupun sebaliknya," katanya pula.

Ia berharap, semarak peringatan Hari Patriotik 23 Januari setiap tahun, dapat membangkitkan gelora kepahlawanan dan mewarnai momentum bersejarah bagi Provinsi Gorontalo dan rakyatnya.

Pameran digelar selama 2 hari, mulai 22 Januari hingga 23 Januari 2023.***
Pameran alutsista digelar Korem 133/Nani Wartabone, di halaman taman makam pahlawan Nani Wartabone, di Desa Bube, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, pada peringatan Hari Patriotik 23 Januari, digelar mulai Minggu (22/1/2023). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023