Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Gorontalo mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) dan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2023 di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Gorontalo, Heni Susila Wardoyo pada kegiatan itu mengatakan, pembangunan ZI harus segera diimplementasikan dalam perjalanan berkinerja sepanjang tahun 2023.

Ia menjelaskan, kinerja yang dilakukan oleh jajaran Kanwil Kemenkumham Gorontalo berdasarkan Peraturan Presiden Nomor  29 Tahun 2014 Tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja instansi Pemerintah.

Keluaran atau hasil kegiatan yang telah atau hendak dicapai sehubungan dengan penggunaan anggaran dengan kualitas dan kuantitas terukur.

"Pada hari ini, yang akan kita evaluasi yaitu pengukuran Kinerja pada Aplikasi Smart DJA, E-Monev BAPPENAS dan Realisasi Perjanjian Kinerja pada aplikasi E-Performance," ucap Heni.

Nantinya seluruh data yang dimasukkan pada aplikasi kinerja tersebut kata dia, akan bermuara dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo. 

Sementara LKIP sendiri merupakan salah satu pengukuran Akuntabilitas Kinerja pada pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

"Jadi Intinya seluruh kegiatan yang telah kita laksanakan ini sebagai wujud pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo," ujar nya.

Kegiatan pembangunan Zona Integritas (ZI) dan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2023 itu juga dirangkaikan dengan rapat evaluasi capaian kinerja tahun 2022, yang dimaksudkan untuk memantapkan pelaksanaan perencanaan, penyusunan program dan rencana kerja serta sinkronisasi dan sinergi penyusunan pelaporan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

Hal itu bertujuan meminimalisir kesalahan berulang dalam pengungkapan laporan capaian kinerja Kanwil Kemenkumham Gorontalo, yang diawali dari laporan tingkat satuan kerja yang diharapkan dapat menyajikan laporan yang akuntabel, transparan dan seimbang serta tepat waktu dalam pengungkapan nya.
 

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Gorontalo, Heni Susila Wardoyo (tengah) bersama seluruh Kepada Divisi dan Kepala UPT berfoto bersama pada pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (25/1/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023