Sebanyak 36 petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pohuwato UPT Kantor Wilayah (Kanwil)Kemenkumham melakukan tes urine yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pohuwato.

Kepala Lapas Pohuwato Irman Jaya di Gorontalo, Jumat, mengatakan hal itu dilakukan untuk deteksi dini jika ada penyalahgunaan narkoba khusus di satuan Lapas Pohuwato.

"Hal ini kami lakukan karena tren kasus narkoba meningkat cukup tinggi di beberapa daerah termasuk di Kabupaten wilayah kerja kami di Pohuwato," kata dia. 

Ia menegaskan, tidak ingin petugas lembaga pemasyarakatan sebagai garda terdepan dalam fungsi pembinaan pemasyarakatan terlibat dalam penyebaran narkotika dan obat - obatan terlarang.

"Apabila ditemukan petugas Lapas Pohuwato positif mengkonsumsi narkoba, maka akan kami lakukan pembinaan termasuk penindakan secara tegas baik dalam tugas maupun jabatan," tukas Irman.

Ia mengungkapkan, tes urine itu juga merupakan bentuk komitmen dari Lembaga Pemasyarakatan dalam menjaga marwah institusi Lapas dan sekaligus upaya peningkatan integritas dan dedikasi petugas dalam pemberantasan peredaran gelap narkotika khusus di wilayah kerja kami.

"Hari ini saya kawal dan badani langsung proses kegiatannya, dan Alhamdulillah hasil test urine kepada 36 orang petugas dan semuanya dinyatakan negatif menggunakan narkotika, artinya salah satu upaya preventif ini mempertegas bahwa integritas dan komitmen baik institusi dan petugas dalam pemberantasan narkoba sudah berjalan dengan baik," kata irman.

Selain itu, kata Irman, penerapan tiga kunci pemasyarakatan maju yaitu deteksi dini, cegah peredaran narkoba, dan sinergitas dengan Aparat Penegak hukum (APH) dan back to basic di Lapas Pohuwato sudah cukup teruji dengan hasil yang maksimal.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Rustam Melleng, yang turut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan, bahwa pihak BNNK yang memiliki tugas utama adalah pencegahan dan pemberantasan narkoba, selalu siap jika sewaktu-waktu diperlukan dalam upaya pemberantasan peredaran gelap narkotika di Pohuwato, termasuk di wilayah kerja Lapas.

"Berdasarkan tes urine yang kita lakukan pada petugas, baik staf maupun petugas pengamanan di Lapas Pohuwato semua hasilnya dinyatakan negatif. Tentunya ini merupakan hal yang biasa kita lakukan dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di Pohuwato, khususnya di instansi-instansi terkait seperti Lapas," ungkapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023