Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menggagas adanya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani tebu di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Ahad, mengatakan konsep tu dilakukan karena ia melihat pasar dari tebu dan produksi pabriknya di Kabupaten Gorontalo.

Ia mengungkapkan lahan tebu untuk pabrik gula di daerah itu mencapai 20 ribu hektare, dan sekitar 3 persen adalah milik masyarakat.

"Nanti Bank Sulutgo berikan kredit kepada masyarakat, pasarnya jelas, pengembaliannya juga mudah-mudahan jelas." ucap Nelson.

Ia mengatakan untuk jenis pembiayaan lain, biasanya para petani menjerit, sehingga ia berharap melalui KUR Bank Sulutgo masyarakat dapat terlayani dengan baik.

Nelson Pomalingo pun meminta KUR bagi peternak sapi agar dievaluasi, karena menjadi salah satu sektor unggulan di Kabupaten Gorontalo.

Di Provinsi Gorontalo kata Nelson, Kabupaten Gorontalo menjadi daerah yang memiliki sapi terbanyak, sekitar 115 ribu ekor sapi.

"Ini menjadi unggulan, karena jagung kita sukses, maka hilirnya ternak," beber dia.

Nelson Pomalingo menjelaskan dalam membangun daerah harus dilakukan secara bersama, yang pertama dana dari pemerintah, investasi dan perbankan.

Untuk itu, itu meminta kepada pihak Bank Sulutgo untuk terus melakukan kerja sama dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023