Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) m, dengan memberikan pembekalan materi UMKM hijau kepada pelaku usaha dan media Gorontalo di Bali.

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo Dian Nugraha, Sabtu, mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan ekspos UMKM ekonomi hijau dan literasi kepada masyarakat.

"Green economy merupakan ekosistem yang mengutamakan aktivitas perekonomian khususnya produksi barang dan jasa dengan meminimalkan risiko pencemaran terhadap lingkungan," ucap Dian. 

Isu kelestarian lingkungan menurut Dian, menjadi agenda penting bagi Pemerintah Indonesia, dimana ekonomi hijau atau green economy menjadi salah satu rencana transformasi ekonomi dalam jangka menengah panjang untuk mendorong pembangunan inklusif dan berkelanjutan, serta mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

"Di sisi lain, pelonggaran aktivitas masyarakat pasca pandemi perlu kita pahami sebagai stimulus bagi aktivitas perekonomian khususnya UMKM yang memiliki basis produksi green economy," ujar nya.

Dian mengungkapkan, semakin tingginya kesadaran masyarakat atas produk dan jasa yang berorientasi lingkungan membuat potensi pengembangan UMKM green economy untuk meningkatkan nilai produk dan dari sisi nilai ekonomis, akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM.

Dukungan pengembangan UMKM yang dilakukan oleh KPw BI Provinsi Gorontalo yaitu selalu mengutamakan nilai produk yang diterima pasar mulai dari perbaikan manajemen pengelolaan produksi, sumber daya manusia, peningkatan kualitas produk, hingga promosi perdagangan diharapkan dapat membantu menciptakan karakter atau identitas wilayah yang dapat menjadi nilai jual tersendiri di pasar domestik maupun internasional.

"Kegiatan peningkatan kapasitas pada hari ini menjadi bukti komitmen Bank Indonesia untuk terus mendukung UMKM sekaligus perhatian terhadap isu global dengan tetap memperhatikan keberlangsungan lingkungan," kata dia. 

Salah satu keberhasilan pengembangan UMKM berbasis ekonomi hijau adalah UMKM yang mengolah limbah laut menjadi kerajinan yakni UMKM Mutiara Laut yang berasal dari Desa Torosiaje, hal itu menegaskan semangat Bank Indonesia dalam mendukung UMKM sebagai pilar ketahanan ekonomi Indonesia.

Dian berharap peningkatan kapasitas yang digelar oleh KPw Bank Indonesia Gorontalo dapat meningkatkan pemahaman dan menjadi warna baru bagi penguatan perekonomian yang ditopang oleh UMKM khususnya di Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023