Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mendukung pelaksanaan program ketahanan pangan di daerah tersebut.

"Pemerintah daerah harus serius dalam program ketahanan pangan. DPRD akan memberi dukungan penuh, khususnya dalam pengalokasian anggaran," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara Deisy Sandra Maryana Datau di Gorontalo, Senin.

Ia berharap, pemerintah daerah dapat menyusun langkah strategis, sistematis, menyeluruh, dan partisipatif dalam menyukseskan program ketahanan pangan.

"Kita prioritaskan langkah strategis daerah, yang dipastikan dapat dilaksanakan berkelanjutan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Sukses di daerah akan menentukan masa depan bangsa, termasuk menyangkut stabilitas ketahanan pangan," kata perempuan dari wilayah barat kabupaten tersebut.

DPRD setempat, katanya, memberi perhatian pada pengembangan kawasan lahan.

"Melalui penataan wilayah kawasan lahan yang tepat, didukung penguatan sumber daya manusia, kita optimistis program ketahanan pangan berkelanjutan akan terlaksana dengan baik di daerah ini," katanya.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara Suleman Lakoro mengatakan, pemerintah daerah akan membuat zona perencanaan yang bisa diidentifikasi, seperti areal subur dan menyusun perencanaan pembangunan berkelanjutan di setiap kecamatan.

Hal itu, katanya, penting dalam upaya penataan wilayah tanam produktif secara keberlanjutan keanekaragaman hayati, keberlanjutan sumber daya lahan, dan potensi risiko bencana.

Selain itu, katanya, keberlanjutan penghidupan dan kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan prinsip kelestarian lingkungan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023