Desainer Agus Lahinta menampilkan ciri khas Gorontalo dalam balutan karya busana sulaman karawo pada pagelaran Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 di Jakarta Convention Center, Rabu.

"Saya ingin ini menjadi perkenalan terhadap Gorontalo melalui sulaman karawo dan motif yang saya gunakan," ucap Agus Lahinta di Jakarta.

Mengusung tema "Odu Olo" atau terima kasih dalam bahasa Gorontalo, Agus Lahinta membawa koleksi 10 pakaian terbaru yang dibawakan oleh delapan model perempuan dan dua model laki-laki.

Agus menampilkan tiga warna utama yang merupakan tren warna 2023 yakni terakota, hijau dan mustard pada koleksi yang juga menampilkan lima motif karawo untuk masing-masing dua pakaian.

Koleksi-koleksi yang ditampilkan adalah mantel, blazer, jaket dan blouse untuk laki-laki dan perempuan dengan potongan untuk anak muda dan yang berjiwa muda serta dilengkapi dengan asesoris tas karawo. 

Khusus untuk koleksi laki-laki dilengkapi dengan celana dengan potongan yang lebih kekinian. Beberapa koleksi dilengkapi dengan hiasan makrame pada pakaian, juga sebagai sabuk untuk melengkapi penampilan.

Unsur lainnya sebagai pelengkap busana adalah penggunaan topi yang dibuat dari bahan mintu seperti pada upiya karanji (kupiah keranjang) yang digunakan dengan pakaian karawo.

Odu Olo Collections kata dia sebagai persembahan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, Dekranasda Provinsi Gorontalo dan APPMI serta semua pihak yang telah mendukung untuk kesempatan dan dukungannya, hingga karawo menjadi tema pada perhelatan 10 tahun IFW 2023 dengan tema Sagara dari Timur atau Ombak dari Timur. 

"Diharapkan ini akan jadi gelombang baru bagi dunia fesyen Gorontalo untuk tampil di ajang Nasional maupun internasional nanti," ungkap dia.

Agus Lahinta lewat koleksi karawo terbarunya mengucapkan terimakasih untuk Gorontalo untuk kekayaan alamnya, keindahan satwa dan floranya serta adat dan kebiasaan masyarakat Gorontalo. 

Untuk itu Agus menampilkan motif motif karawo yang terinspirasi dari keindahan burung maleo, hiu paus, bunga tatudi, ornamen adat pahangga serta perisai motif khas Rumah Karawo.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023