Penataan pemukiman kumuh di kawasan Talumolo, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo segera dimulai dan ditandai dengan penandatanganan kontrak antara PT. Rancang Bangun Mandiri (RBM) selaku pelaksana proyek, dengan Balai Prasarana Pemukiman Provinsi Gorontalo.

Tenaga ahli PT. Rancang Bangun Mandiri, Mulyo, Jumat, mengatakan tahap awal sebelum dilakukan pekerjaan itu, pihak perusahaan bersama Pemerintah Kota Gorontalo, dinas terkait, konsultan serta masyarakat setempat melakukan peninjauan di lapangan.

"Hal ini untuk mengklarifikasi kesesuaian antara denah gambar proyek yang akan dikerjakan dengan kondisi di lapangan," ucap dia.

Dari peninjauan itu pihaknya akan melihat bersama kondisi di lapangan itu seperti apa. Karena itu yang akan menjadi dasar untuk pekerjaan di awal. 

"Hasil-hasil itu nanti kita akan sepakati bersama. Contohnya lebar jalan. Misalnya lebar jalan itu sewaktu di perencanaan kondisinya lebar. Tetapi ketika kita tinjau di lapangan ternyata tidak demikian. Maka ini menjadi poin yang akan kita sepakati bersama," ujar Mulyo.

Selain jalan, beberapa item lainnya seperti kondisi pintu air, saluran juga tak luput dari peninjauan itu.

"Jadi kita akan lihat kondisinya, apakah pintu air rusak ini diperbaiki atau di pindah. Demikian juga jika di situ ada pekerjaan saluran air," kata dia. 

Pada peninjauan itu, PT. RBM menentukan batas-batas mana yang akan dikerjakan dan mana yang tidak. Misalnya batas terkait dengan lahan masyarakat, agar tidak menimbulkan ketersinggungan ketika pekerjaan itu akan dilaksanakan.

Karena wilayah yang akan dikerjakan itu masuk di wilayah Balai Sungai, maka kata dia dengan kehadiran dari instansi itu juga termasuk untuk menentukan batas mana yang dikerjakan dan mana yang tidak boleh.

"Jangan sampai kita melebihi batas yang ditentukan oleh Balai Sungai. Karena ini merupakan kawasan, jadi dalam kegiatan tadi juga kita menentukan titik-titik mana saja. Garis besarnya giat kita kali ini kurang lebihnya seperti klarifikasi di lapangan," beber dia.

Ia berharap, proyek tersebut dapat selesai sesuai dengan aturan dan waktu yang telah ditentukan, mutu dan kualitas yang telah ditentukan, dan biaya yang telah direncanakan. 

Dukungan dari pemerintah dan seluruh masyarakat, terlebih yang ada di kawasan Talumolo juga diharapkan agar proyek tersebut berjalan dengan baik dan dapat memberi manfaat.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023