Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo, melatih para panitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) kecamatan dalam pengelolaan keuangan melalui bimbingan teknis.

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Gorontalo, Nikson Entengo, di Gorontalo, Sabtu, mengatakan, pada bimbingan teknis pengelolaan keuangan bagi panwaslu kecamatan se-Kabupaten Bone Bolango.

Menurutnya, mutu dari kualitas bimbingan teknis harus dapat terjaga melalui pemahaman yang sama dimiliki oleh seluruh kesekretariatan panwaslu. Khususnya memahami norma pengelolaan keuangan.

Mengingat pengelolaan anggaran oleh seluruh pihak, baik pimpinan maupun sekretariat panwaslu kecamatan yang terpenting adalah taat asas.

"Olehnya tugas yang diamanahkan negara menyangkut operasional lembaga yang dibiayai oleh negara harus dilaksanakan dengan taat asas dan norma terkait pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan regulasi keuangan negara," katanya.

Setiap ketua dan anggota serta koordinator sekretariat dan jajaran panwaslu kecamatan, harus dapat menjaga kekompakan, membangun komunikasi dan konsultasi secara berjenjang dalam konteks pelaksanaan tugas fungsi yang ada.

"Koordinasi dan konsultasi perlu dikedepankan. Sebab penting dalam menjaga kekompakan dalam kelembagaan. Kuncinya adalah komunikasi sehingga kita tidak hanya sukses dalam pengawasan tapi juga sukses dalam pengelolaan keuangan," imbuhnya.

Ia pun meminta para peserta untuk memanfaatkan dengan baik bimbingan teknis sesuai materi yang diberikan dari pihak BPKP, KPKN dan Kantor Pajak Gorontalo.

Harapannya, agar seluruh materi dipahami dan diimplementasikan dalam mengelola anggaran yang ada dengan indikator yang dapat diukur sebelum dan setelah diberikan bimbingan teknis.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023