Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Roni Imran, mengecek langsung kesiapan warga penerima bantuan rumah layak huni melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (  BSPS ) untuk Tahun Anggaran 2023.

"Negara hadir dalam penyediaan bantuan rumah layak huni melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya. Baik melalui APBN, APBD, provinsi dan kabupaten, di antaranya melalui program aspirasi yang disalurkan DPRD kepada warga sasaran," kata Wakil Ketua I DPRD tersebut, di Gorontalo, Selasa.

Ia mengecek langsung warga sasaran penerima bantuan rumah layak huni melalui program aspirasi, di antaranya diberikan kepada warga Dusun Pelabuhan, Desa Katialada, Kecamatan Kwandang.

Sebanyak 29 kepala keluarga (KK) di desa itu, akan menerima bantuan yang disalurkan melalui aspirasi. Kali ini kata dia, bantuan yang direalisasikan melalui program aspirasi Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel.

"Alhamdulillah masyarakat penerima bantuan sangat senang. Mereka berterima kasih atas bantuan pemerintah melalui aspirasi Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, yang telah menaruh perhatian terhadap keperluan hunian layak bagi masyarakat sasaran atau berpenghasilan rendah," kata pria yang pernah menjabat Wakil Bupati tersebut.

Menurutnya, tugas dan tanggung jawab Negara untuk hadir dalam menyediakan tempat tinggal yang layak bagi warga negara.

"DPRD pun melakukan perannya dalam melakukan pengawasan terhadap tindak lanjut program yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat. Apalagi hunian layak, memang menjadi keperluan primer dalam menunjang derajat kesehatan masyarakat, juga menopang perekonomian warga berpenghasilan rendah," katanya.

Penyediaan rumah nyaman dan layak huni, diharapkan menciptakan keharmonisan keluarga sebagai lingkungan terkecil namun terpenting dalam menyiapkan generasi bangsa.

Sebab sumber daya manusia sehat, tercipta dari suasana keluarga bahagia, juga menjadi sarana utama dan pertama mendidik generasi muda bangsa sehat dan berkualitas.

"Kita dukung terus program pemerintah dalam penyediaan rumah layak huni. Dan DPRD akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam merealisasikan bantuan tersebut hingga daerah ini tuntas rumah layak huni," imbuhnya.***
Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran, meninjau warga penerima bantuan rumah layak huni di Desa Katialada, Kecamatan Kwandang. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023