Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, meraih penghargaan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) dan Indeks Respon Kualitas Lingkungan Hidup Daerah terbaik kategori Kabupaten/Kota se Indonesia tahun 2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Pertanahan, dan Perhubungan (DLHPP) Bone Bolango, Kusno di Gorontalo, Kamis, mengatakan penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar.

"Penghargaan diberikan langsung saat kegiatan rapat kerja pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan di Yogyakarta pada Rabu (15/3) kemarin," ucap dia.

Ia menjelaskan, Program Langit Biru, Indonesia Hijau, hingga Kali Bersih berhasil membawa Bone Bolango meraih penghargaan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) dan Indeks Respon Kualitas Lingkungan Hidup Daerah tersebut.

Kusno menjelaskan kriteria penilaian IKLH merupakan akumulasi dari nilai Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Udara (IKU), dan Indeks Tutupan Lahan (IKL).

"Semua kriteria penilaian Bone Bolango mencapai target, sehingga nilai IKLH Bone Bolango masuk kategori sangat baik yaitu 80,11," jelas Kusno.

Kusno mengungkapkan indeks respon dari Pemerintah Daerah terkait dengan program yang mendukung IKLH seperti Program Langit Biru dan Indonesia Hijau mencapai nilai 100.

"Hal ini karena banyak kegiatan rutin untuk mengurangi polusi di daerah seperti gowes peduli sampah. Kita juga rutin melakukan reboisasi penanaman baik di Ibukota maupun di seluruh desa se Kabupaten Bone Bolango dan di bantaran sungai kita berkolaborasi dengan pihak swasta," ungkap Kusno.

Sementara, untuk Program Kali bersih, Kusno menuturkan begitu banyak kegiatan dari Pemerintah Daerah yang sama-sama dengan masyarakat, sekolah dan swasta bergerak untuk membersihkan dan menormalisasi sungai serta saluran air untuk mengurangi pencemaran.

"Kegiatan rutin ini langsung di pimpin oleh Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Merlan S. Uloli yang begitu peduli dengan kebersihan lingkungan," tutur Kusno.

Kusno berharap dengan diraih nya penghargaan tersebut, kedepan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup di Kabupaten Bone Bolango agar IKLH terjaga dan tahun depan bisa raih kembali Adipura.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023