Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO)- Pemerintah Kota (Pemkot) akan membenahi sanitasi dan pengelolaan sampah, terutama di kawasan dan kompleks pasar di daerah tersebut.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Minggu, mengatakan bahwa pemerintah daerah pada tahun anggaran 2016 ini, telah mengalokasikan dana untuk pembenahan sanitasi terutama pembuangan limbah di setiap pasar di daerah ini.

"Kami akan membenahi instalasi pengelolaan air limbah terutama di kompleks pasar, sehingga nyaman untuk pedagang dan pembeli," kata Marten.

Selain itu, pengelolaan sampah baik kering maupun basah di kasawan pasar akan ditata dengan bagus, sehingga tidak terkesan jorok dan baunya menyengat, sehingga tidak nyaman bagi pedagang maupun pembeli.

"Aktivitas di sembilan pasar tadisional di Kota Gorontalo terus mengalami peningkatan, sehingga perlu perhatian terutama sanitasi dan sampah," kata Marten.

Dia menjelaskan, untuk tahun anggaran 2015 lalu, beberapa pasar di daerah ini sudah dibenahi sanitasi dan pengelolaan sampahnya, sementara sisanya akan dianggarkan pada tahun 2016, sehingga warga tidak merasa enggan ataupun risih berbelanja di pasar.

Menurut dia, jika kompleks maupun kawasan pasar sudah tertata dengan rapi dan baik, maka konsumen terutama untuk menengah ke atas akan datang untuk berbelanja, tidak lagi mengandalkan pasar swalayan.

"Konsumen dan pedagang akan merasa nyaman jika tempat untuk transaksi jual beli, tertata dengan rapi dan bagus sehingga tentunya sehat," kata Marten.

Kepada konsumen dan pedagang diminta untuk terus menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar, terutama yang sudah selesai dipugar ataupun dikembang bangunan areal pasar, sehingga proses jual beli akan semakin lancar dan meningkat.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016