Basarnas Provinsi Gorontalo melakukan pencarian empat penambang yang tertimbun tanah longsor di lokasi tambang emas di Desa Tulabolo, Kecamata Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango.

Kepala Basarnas Provinsi Gorontalo Heriyanto di Gorontalo, Sabtu, mengatakan tim siaga komunikasi Basarnas menerima informasi dari BPBD Kabupaten Bone Bolango terkait dengan kondisi yang membahayakan manusia.

"Sebanyak empat orang warga tertimbun material longsor di lokasi tambang di Suwawa Timur," ucap dia.

Keempat penambang yang tertimbun, yaitu Uten, Iten, Tama, dan Engki. Mereka warga Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Heriyanto menjelaskan kronologi kejadian itu, diawali pada Jumat (7/4), pukul 17.00 Wita. Warga Bone Bone Bolango melakukan aktivitas penambangan di Desa Tulabolo, sedangkan pada pukul 18.00 Wita lokasi penambangan itu mengalami longsor.

Menyadari adanya penambang yang tertimbun, katanya, pemilik tambang melaporkan kejadian tersebut kepada warga lainnya untuk kemudian mereka melakukan pencarian di sekitar lokasi tambang dengan cara manual.

Pada pencarian tersebut, tim gabungan diterjunkan yang terdiri atas 12 personel Basarnas, enam anggota BPBD, delapan personel Polres Bone Bolango, satu babinsa, dan unsur lainnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023