Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer memantau langsung posko terpadu penyelenggaraan angkutan lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 di Bandar Udara Djalaluddin Tantu.

Gubernur Hamka datang didampingi Kepala Dinas Perhubungan M Jamal Nganro dan Kepala Bandara Joko Harjani.

"Kami memantau untuk memastikan bahwa di simpul-simpul transportasi termasuk bandara siap melayani masyarakat dengan baik. Bagi yang akan mudik lebaran dan pulang kampung begitu juga nanti sebaliknya pada saat arus balik ke Gorontalo," kata Gubernur Hamka Hendra Noer, di Gorontalo, Sabtu.

Menurutnya, kegiatan ini sesuai arahan Menteri Perhubungan pada saat rapat koordinasi pembukaan posko angkutan lebaran. Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah memastikan arus mudik lebaran berjalan lancar, tertib, nyaman, selamat dan harga yang terkendali sebagaimana narasi utama angkutan lebaran tahun ini adalah mudik aman berkesan.

Tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil survei potensi pergerakan nasional masyarakat pada angkutan lebaran 2023 yang dilaksanakan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan. Untuk Provinsi Gorontalo yang berangkat dari Gorontalo ke luar daerah lain sebesar 370.000 orang atau menyumbang 0,3 persen secara nasional, yang akan masuk ke Gorontalo sebesar 180.000 orang atau 0,15 persen secara nasional.

Gubernur Hamka dalam pemantauan tersebut langsung mengecek fasilitas layanan posko seperti mushala, tempat wudhu dan toilet.

Ia mengaku,  merasa puas karena semua bersih dalam kondisi bersih dan baik. 

Penjabat Gubernur Gorontalo itu, juga menyempatkan melakukan dialog dengan beberapa calon penumpang yang akan berangkat dari Gorontalo. Semuanya menyatakan pelayanan dari petugas bandara ini cukup bagus, karena bandara bersih dan harga tiket terjangkau tidak ada yang melebihi harga yang dipasang di depan pintu masuk.

Secara keseluruhan Gubernur Hamka sangat puas melihat kesiapan penyelenggaraan angkutan lebaran Idul Fitri 2023 yang ada di Bandara Djalaluddin Tantu Gorontalo.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023