Sebanyak 21 negara akan berlaga pada Asian Minifootball Championship 2023 yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2023 mendatang di Provinsi Gorontalo, kata Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer

"Kita (Gorontalo) rencana akan melakukan kejuaraan Asian Minifootball Championship yang kurang lebih akan diikuti 21 negara. Gorontalo sebagai tuan rumah ditunjuk sudah dari tahun lalu, yang dimulai dari tahapan pertemuan dengan Federasi dan akhirnya kita lakukan MoU," ucap Hamka melalui rilis yang diterima Antara, Senin.

Hamka menyebutkan kejuaraan AMFC mirip permainan futsal, tetapi dimainkan di luar ruangan. Sementara, mekanisme pertandingannya sama seperti sepak bola, namun menggunakan setengah lapangan sepak bola.

"Intinya ini tidak seribet kejuaraan yang lain, seperti FIFA ada banyak sekali administrasi nya. Ajang ini sedikit lebih mudah, tapi bukan berarti kita tidak serius, segala kesiapannya terus kita matangkan. Mudah-mudahan tanggal 5 Mei nanti akan dilakukan rolling untuk pembagian grup. Karena Insyaallah penyelenggaraannya dari tanggal 9 sampai 17 Agustus 2023," ujar dia.

Staf Ahli Kemenpora itu menambahkan tujuan penyelenggaraan Asian Minifootball Championship ini utamanya juga supaya ekonomi di Provinsi Gorontalo bisa bergerak. Karena dengan datangnya tamu-tamu dari luar daerah bahkan dari luar negeri, pasti bisa menggerakkan ekonomi lokal.

"Sekarang ini hampir kurang lebih Rp5miliar dananya. Karena peserta datang itu biaya sendiri, hotel memang kita siapkan tapi mereka bayar sendiri. Intinya sebagai tuan rumah kita hanya kurang lebih menyediakan rekonstruksi venue. Insya Allah ajang ini bisa membawa banyak dampak untuk Provinsi Gorontalo," jelas Hamka.

Sebagai tindak lanjut dari rencana penyelenggaraan Asian Minifootball Championship ini, Hamka yang turut didampingi beberapa pimpinan OPD, dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023