Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dijadwalkan shalat Idul Fitri bersama Penjabat Sekdaprov dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo pada Sabtu 22 April 2023.

"Insya Allah jika tidak halangan Pak Gubernur bersama istri dan anak anak akan shalat di lapangan Taruna Remaja. Sejumlah pimpinan OPD ikut mendampingi," ucap Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, Rifli Katili di Gorontalo, Jumat.

Shalat Id tersebut rencananya akan dipimpin oleh Yaser Arafat Dama dan bertindak sebagai khatib Hamdan Zein. Shalat rencananya akan dimulai tepat pukul 07.00 WITA.

"Ini menjadi shalat Idul Fitri perdana Hamka sebagai Penjagub. Gamaria Purnamawati Monoarfa sebagai istri dan tiga anaknya yang sedang belajar di luar daerah juga dijadwalkan ikut salat berjamaah," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar adat Tonggeyamo untuk menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah di rumah jabatan gubernur.

Adat Tonggeyamo merupakan adat Gorontalo yang wajib digelar setiap menyambut bulan suci Ramadhan maupun penetapan 1 Syawal Hari Raya Idul Fitri.

Tonggeyamo dimaksudkan sebagai pemberitahuan resmi lembaga adat dan pemerintah daerah kepada umat Muslim mengenai 1 Syawal, dengan mengacu pada hasil sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.

Sesuai dengan hasil sidang isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, 1 Syawal ditetapkan jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023.

"Sesuai pengumuman Kementerian Agama bahwa Idul Fitri akan dilaksanakan pada hari Sabtu karena hilal belum terlihat di seluruh wilayah Indonesia," ucap Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer usai pelaksanaan adat Tonggeyamo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023