Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Gorontalo minta pemerintah daerah mengembangkan potensi wisata setempat untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Wakil Ketua DPRD Kota Gorontalo Erman Lajengke di Gorontalo, Rabu, mengatakan masih banyak potensi wisata yang perlu dibenahi dan dikembangkan sehingga bisa menghasilkan dan mendongkrak PAD.

"Kami sangat mendukung adanya program pemerintah daerah untuk menggali dan memaksimalkan potensi wisata yang ada," katanya.

Ia menjelaskan jika potensi wisata dikelola dengan baik, hal itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

Dia menjelaskan sejumlah objek wisata yang perlu terus dikelola dengan baik, yakni Benteng Otanaha, Pemandian Potanga dan Lahilote, Pantai Indah, tempat bersejarah lainnya, serta wisata religius dan kuliner.

Walikota Gorontalo Marten Taha mengatakan bahwa setiap tahun pemkot mengalokasikan dana untuk pengelolaan dan pengembangan objek wisata, terutama yang sudah terbengkalai dan tidak terpelihara dengan baik.

Selain itu, di setiap kelurahan dan kecamatan diupayakan ada kawasan hijau sehingga dapat dimanfaatkan oleh warga bersama keluarganya untuk menikmati liburan.

"Kami sudah membuka sejumlah tempat untuk dijadikan tanaman hijau, sehingga bisa dijadikan tempat wisata yang gratis bagi warga," katanya.

Dia mengaku dalam dua tahun terakhir ini, objek wisata belum bisa diandalkan untuk PAD.

Namun, ujarnya, ke depan diupayakan secara optimal supaya hal itu mendapat dukungan dari masyarakat.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016