Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo Sukrin Saleh Taib menerima bendera Kirab Pemilu 2024 yang dibawa oleh rombongan KPU Sulawesi Utara melalui jalur darat di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Ahad.

"Serah terima kirab itu dari Provinsi Sulawesi Utara itu diserahkan kepada kita di Provinsi Gorontalo dan pelaksananya itu adalah KPU Kota Gorontalo," ucap Sukrin Saleh Taib usai kegiatan itu.

Ia menjelaskan, bendera Kirab Pemilu akan berada di Kota Gorontalo dari tanggal 30 April sampai 3 Mei, atau kegiatan itu akan berlangsung selama empat hari.

"Akan konvoi akan kirab bendera partai politik," ungkap dia.

Kegiatan itu bertujuan, untuk mensosialisasikan peserta Pemilu tahun 2024 yang berjumlah 18 partai politik, juga akan mensosialisasikan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu dengan alokasi kursi dan Dapil di Kota Gorontalo.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem menyebut, kirab bendera Pemilu 2024 sebagai ajang sosialisasi untuk menyampaikan ada beberapa partai politik yang akan bertarung pada Pemilu serentak pada 14 Februari 2024. 

Sekaligus bertujuan untuk menyosialisasikan bahwa pemilu layaknya musyawarah besar rakyat Indonesia yang sudah seharusnya dijadikan sebagai sarana integritas bangsa, bukan sebagai sarana perpecahan.

"Melalui Kirab ini kami akan mempropagandakan, mensosialisasikan bahwa ada 18 partai politik yang ada di Indonesia. Bendera ini akan kami arak dengan iring iringan mobil untuk mendeskripsikan bahwa ini bendera partai politik. Ini adalah bentuk integrasi bangsa dan bukan sebagai ruang perpecahan karena adanya perbedaan kepentingan," kata dia.

Fadliyanto mengungkapkan, bendera kirab pemilu 2024 di Gorontalo akan melewati tiga Kabupaten/Kota yang telah dipilih menjadi subjek sosialisasi. Pertama ada Kota Gorontalo, dilanjutkan ke Kabupaten Gorontalo dan akan berakhir di Kabupaten Gorontalo Utara.

"Oleh karena itu kepada teman- teman dari Provinsi Sulawesi Utara kami ucapkan selamat sudah menyelesaikan tugas kirab dan mulai hari ini tugas kirab diemban Provinsi Gorontalo. Selanjutnya setelah dari sini akan kami serahkan ke Provinsi Sulawesi Tengah melalui Kabupaten Buol," jelas dia.
 
Sejumlah peserta menggunakan becak motor (bentor) mengikuti pawai Kirab Pemilu 2024 di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (30/4/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023