Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, sebut Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah resmi mendaftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pemilu 2024 pada hari ke 12.

"Dua partai tersebut telah mengajukan daftar bacaleg pemilu 2024 di hari ke 12 ini, yaitu PKS dan PPP. Jadi total yang datang mengajukan daftar bacaleg telah 4 parpol, yaitu PDIP, NasDem, PKS dan PPP," kata Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar di Gorontalo, Jumat.

Empat partai tersebut dinyatakan lengkap dokumen, baik yang diunggah dalam sistem informasi pencalonan (sipol), maupun dokumen fisik yang diantar langsung ke KPU.

"Masih tersisa dua hari lagi untuk masa pengajuan bacaleg ini, sebelum masuk dalam tahapan verifikasi administrasi," katanya.

Pihaknya berharap, partai politik lain yang belum melakukan pengajuan pendaftaran bacaleg untuk memanfaatkan dua hari yang tersisa atau hingga 14 Mei 2023.

"Kami akan melayani parpol hingga pukul 23.59 di hari terakhir. Kita akan perkuat koordinasi sebab menyangkut jadwal kedatangan agar tidak menumpuk di kantor mengingat jumlah bacaleg maupun pengurus parpol yang masuk dalam ruangan pengajuan daftar bacaleg, dibatasi 10 orang agar tidak berdesakan," katanya.

Politisi PKS sekaligus anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, periode 2019 hingga 2024, Gustam Ismail, mengapresiasi pelayanan pihak KPU setempat.

"Kami disambut dengan baik. Mulai dari proses pengajuan hingga penyerahan dokumen fisik. Kami pastikan 100 persen jumlah bacaleg terpenuhi pada pengajuan daftar bacaleg, termasuk terpenuhinya kuota perempuan," kata Gustam.

Ketua DPC PPP, Alfian Pomalingo, menyatakan hal yang sama. "Suasana kantor KPU sangat siap menyambut parpol yang datang mendaftar. Ini pelayanan terbaik dalam memfasilitasi proses pengajuan daftar bacaleg," katanya.

Ia berharap, suasana aman dan tertib ini terus berlangsung hingga tahapan selanjutnya.

Pengajuan daftar bacaleg itu, juga diawasi ketat pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Gorontalo Utara.

"Kami melakukan pengawasan melekat sejak masa pengajuan daftar bacaleg dimulai pada 1 Mei 2023 hingga hari ke 12 ini. Alhamdulillah lancar dan diharapkan sesuai aturan yang berlaku, khususnya dalam pemenuhan seluruh syarat administrasi baik dalam silon maupun dokumen fisik yang diantar ke kantor KPU," kata Komisioner Bawaslu, Jefrian Akutu.***
KPU Gorontalo Utara terima pengajuan daftar bacaleg dari PKS dan PPP di hari ke 12, berlangsung di kantor KPU setempat. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023