Penjabat Gubernur (Pj) Ismail Pakaya dan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) menjalani pemeriksaan kesehatan terpadu di ruangan Dulohupa, Kantor Gubernur, di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Gorontalo, Syafiin Napu di Gorontalo, Senin, mengatakan kegiatan itu merupakan upaya deteksi dini penyakit tidak menular.

"Berdasarkan instruksi bapak Gubernur, Dinas Kesehatan diminta untuk melakukan skrining bagi pimpinan OPD," ucap Syafiin Napu.

Pemeriksaan kesehatan meliputi penimbangan berat badan, pengukuran lingkar pinggang, tekanan darah, serta penyakit tidak menular (PTM). Ada pula pelayanan elektrokardiogram, serta pemeriksaan oleh dokter spesialis jantung dan penyakit dalam.

"Pemeriksaan kesehatan ini sebagai upaya promotif dan preventif untuk melihat potensi risiko penyakit," ujar dia.

Pada kegiatan itu Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo untuk melakukan pemeriksaan urine dan HIV.

Hasilnya, Penjagub Ismail Pakaya bersama 27 pimpinan organisasi perangkat daerah dinyatakan negatif atau tidak menggunakan narkotika dan obat terlarang.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023