Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, mengimbau warga untuk waspada cuaca ekstrem yang terjadi untuk mencegah terjadinya bencana.
 
"Kita perlu mewaspadai cuaca ekstrem khususnya musim panas yang melanda. Saya harap warga berhati hati. Jika hendak ke luar rumah pun agar memperhatikan seluruh sambungan listrik maupun kompor atau sisa sisa pembakaran yang dapat memicu bencana kebakaran rumah bahkan lingkungan," kata Bupati Thariq, di Gorontalo, Rabu.
 
Ia juga mengingatkan warga untuk berhemat dalam memenuhi keperluan rumah tangga di musim panas saat ini, termasuk berhemat memanfaatkan air bersih.
 
Musim panas panjang berdampak kemarau yang sangat potensial terjadi. "Mari kita jaga lingkungan hijau. Kita berupaya hidup hemat, termasuk memanfaatkan air bersih dengan tepat," katanya.
 
Beberapa pesan tersebut disampaikan Bupati Thariq pada warga saat meresmikan rumah sehat layak huni di Desa Titidu, Kecamatan Kwandang. 
 
Ia berharap, perhatian terhadap kelestarian lingkungan dapat menjadi upaya bersama. Apalagi di wilayah rawan air bersih yang hanya mengandalkan sumber air PDAM. "Kita saling mengingatkan menjaga lingkungan tetap hijau dan lestari. Senantiasa berupaya menanam bibit pohon, juga rajin membersihkan lingkungan," katanya pula.
 
Kelestarian lingkungan kata Thariq, erat kaitannya dengan produksi pangan yang berkelanjutan. "Kalau daerah kering atau tandus, tentu produksi pangan dapat menurun. Ini tidak kita inginkan. Olehnya saya harap, setiap warga dapat peduli menjaga dan melestarikan lingkungan. Khususnya di sumber sumber air bersih yang sangat diandalkan," imbuhnya.
 
Program penghijauan terus dilakukan pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup dengan menanam bibit pohon. Termasuk bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, diantaranya TNI dan Polri, dalam melestarikan areal hutan diantaranya kawasan bakau di wilayah pesisir.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023