Sebanyak 69 siswa jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) SMK Negeri 1 Gorontalo melakukan kunjungan industri dan belajar teknologi informasi (TI) ke Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo, Selasa.

Kepala Program Perangkat Lunak, SMKN 1 Gorontalo Risal Pakaya, mengatakan kunjungan itu dilakukan dalam rangka program penguatan profil pelajar Pancasila.

"Kami memilih Diskominfotik karena memiliki divisi pemrogram atau IT, sehingga kami berharap dengan adanya kunjungan ini bisa memberikan pemahaman secara praktis bagi siswa," ucap Risal Pakaya.
 
Sebagai dinas yang bergerak di dunia teknologi informasi, Diskominfotik diharapkan bisa menjadi tempat belajar dan praktik para siswa. Mereka diperkenalkan dengan lingkungan kerja sesuai dengan jurusan yang mereka pelajari.

"Kami juga berharap nantinya ketika ada praktik kerja lapangan (PKL) Dikominfotik bisa terus memberikan ruang bagi siswa kami untuk belajar di sini," ujarnya.

Sementara itu, Fungsional Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfotik Provinsi Gorontalo Mohahmmad Fitri Kamaru menjelaskan bagaimana aktivitas pemrograman di dunia kerja dan program diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan bagaimana suka duka seorang pemrogram.

"Semoga bisa memberikan banyak manfaat kepada adik – adik SMK. Harapannya mereka memperoleh gambaran yang utuh apa dan bagaimana hasil daripada pembelajaran program studi rekayasa perangkat lunak itu," jelas dia.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023