Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Gorontalo Irjen Pol Angesta Romano Yoyol secara simbolis diikuti oleh Polres jajaran di enam kabupaten dan kota, menyerahkan 75 ekor hewan kurban kepada warga, Kamis.

"Kami melakukan penyerahan dan penyembelihan secara serentak. Total hewan kurban terdiri dari 73 ekor sapi dan 2 ekor kambing disebar di seluruh wilayah hukum Polda Gorontalo di enam kabupaten dan kota," kata Kapolda Gorontalo.

Hewan kurban tersebut merupakan donasi dari personel dan aparatur sipil negara (ASN) Polri serta sejumlah donatur yang ada di Provinsi Gorontalo.

"Seluruh hewan kurban dari personel maupun Polres jajaran kita akomodir kemudian disalurkan kepada warga yang berhak menerima," katanya.

Kapolda mengatakan, sebelum disalurkan seluruh hewan kurban maupun daging hasil penyembelihan telah diperiksa instansi berwenang melalui pemeriksaan kesehatan untuk dinyatakan layak konsumsi.

Sasaran pembagian daging kurban oleh Polda maupun Polres jajaran, adalah warga yang sebelumnya telah tercatat berhak atau layak menerima daging kurban, seperti fakir miskin, keluarga kurang mampu, para pekerja harian lepas (PHL), serta warga yang tinggal di sekitar Mapolda dan Polres jajaran.

Sebagian hewan kurban langsung disembelih usai pelaksanaan sholat Idul Adha, sebagian lagi memanfaatkan hari Tasyriq (masa penyembelihan) hewan kurban atau hingga H+7.

"Semoga penyembelihan dan penyaluran ini bisa memberikan teladan dan hikmah bagi kita semua," imbuhnya.

 

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023