Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengunjungi Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk membahas tindak lanjut penandatangan kesepakatan bersama yang dilakukan pada tanggal 9 Juni 2023.

Melalui rilis yang diterima ANTARA di Gorontalo, Rabu kunjungan itu diterima oleh Plh Rektor IPB Prof. Deni Noviana dan membahas kerja sama berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Dari aspek pendidikan kami berharap IPB bisa memberikan beasiswa utusan daerah. Jadi ada dari jalur undangan, ada juga afirmasi untuk calon mahasiswa perwakilan daerah. Ini salah satu yang ditawarkan oleh IPB," ucap Ismail Pakaya.

Kualitas pendidikan IPB yang sangat baik dinilai penting untuk pengembangan sumber daya manusia di daerah. Lebih-lebih masyarakat Gorontalo mayoritas mengandalkan sektor pertanian dan perikanan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi.

"Dari aspek penelitian banyak yang tawarkan, mereka punya teknologi yang sifatnya generik maupun yang dirakit bersama Pemprov. Ini yang akan kita identifikasi kira kira penelitian dan teknologi apa yang layak kita terapkan di daerah," ujar Gubernur.

Diharapkan pertemuan itu sudah bisa ditindaklanjuti oleh instansi terkait agar hasilnya lebih konkrit. Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) diminta berbagi peran siapa, apa, bagaimana dan kapan kesepakatan bersama tersebut akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama (PKS).

Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Institut Pertanian Bogor pun membahas peluang untuk perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan. Program itu memungkinkan suatu kawasan diintervensi secara bersama-sama mulai dari pendidikan, produksi panen, hingga pemasaran produk-produk unggulan nya.

Sebagai pejabat eselon I di Kementerian Ketenagakerjaan RI, Penjagub Ismail melihat ada peluang kerjasama Gorontalo bersama IPB. Kawasan kawasan tertentu dengan keunikan sejarah, wisata, pertanian, perikanan dan sebagainya didesain untuk lebih produktif.

"Saya membayangkan sesuatu yang dulu kita rencanakan dengan teman teman IPB (saat di Kemenaker) itu bisa kita wujudkan di Gorontalo. Pendidikan, pelatihan, pengabdian dalam satu kawasan bisa kita kolaborasikan dengan program kita di daerah," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023