BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK melakukan peluncuran kampanye "Kerja Keras Bebas Cemas" masuk desa di Desa Huangobotu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku Mintje Wattu mengatakan pihaknya menghadirkan gebrakan melalui sosialisasi masif di seluruh desa termasuk di Bone Bolango.

"Kita sedang kampanyekan bagaimana masyarakat pekerja, semua sektor sampai ke desa bisa terdaftar BPJS Ketenagakerjaan sehingga mereka bisa kerja dengan keras tanpa merasa cemas," ucap dia.

Ia menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan saat ini tengah fokus menggarap sektor bukan penerima upah (BPU), di mana sebagian besar berada di ekosistem desa.

Sosialisasi tersebut dinilai tepat karena ekosistem desa menyimpan potensi jutaan pekerja di sektor informal atau BPU yang mayoritas belum memahami pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Mintje mengatakan, dengan iuran mulai dari Rp36.800 per bulan, para pekerja BPU akan mendapatkan perlindungan tiga program yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Jika dibanding dengan iuran nya menurut Mintje, manfaat yang didapatkan jauh lebih besar, yaitu perawatan tanpa batas biaya, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah yang dilaporkan, santunan sementara tidak mampu bekerja (STMB), santunan cacat total tetap, serta layanan homecare.

Sedangkan jika peserta meninggal bukan karena kecelakaan kerja, ahli warisnya akan mendapatkan santunan sebesar Rp42 juta serta beasiswa pendidikan untuk dua orang anak dari jenjang TK hingga perguruan tinggi, maksimal Rp174 juta.

Untuk program JHT bersifat tabungan, dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan hari tua yang sejahtera. Sehingga meski sudah tidak bekerja, mereka dapat tetap hidup dengan layak. Hal ini secara tidak langsung turut menekan pertumbuhan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia.

"Bukan hanya manfaat yang lengkap, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan beragam pilihan kanal pendaftaran dan pembayaran iuran yang mudah dijangkau oleh para pekerja di desa di antaranya melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), Kantor Cabang, Agen Perisai dan Perbankan, Kantor Pos, Pegadaian, dan lain sebagainya," ujar dia.

Mintje menambahkan, semakin banyak masyarakat desa yang mengetahui, akan semakin banyak juga yang mendaftar menjadi peserta, sehingga universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan bisa segera terwujud.
Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Wilayah Sulawesi Maluku, Mintje Wattu (kanan) bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma (kiri) membunyikan alat musik polo palo pada peluncuran Kerja Keras Bebas Cemas di Desa Huangobotu, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (6/7/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPJAMSOSTEK kampanye kerja keras bebas cemas di Bone Bolango

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023