Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara merancang dua desa wisata yaitu Desa Monano dan Desa Sogu di Kecamatan Monano.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo Frits Ano, Kamis, mengatakan dua desa tersebut yang berada di kawasan Pantai Monano potensial mendukung pengembangan objek wisata pantai yang sangat diunggulkan di kabupaten ini.

Oleh karena itu, penentuan kawasan desa wisata ini akan diikuti dengan pengembangan sarana dan prasarana yang akan menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Pihaknya kata Frits, telah menyiapkan anggaran pembangunan sarana penginapan "cottage" sebesar Rp100 juta untuk melengkapi fasilitas di objek wisata tersebut serta akan intensif menggelar Festival Budaya Gorontalo yang akan dipusatkan di Desa Mokonou

Kecamatan Monano, seperti yang berhasil dilakukan pada pekan lalu.

Animo masyarakat terhadap pagelaran budaya ternyata sangat besar, sehingga pemkab akan menggelarnya secara berkelanjutan.

Hal penting yang akan dilakukan kata Frits, yaitu sosialisasi sadar wisata kepada masyarakat agar siap menerima kunjungan melalui pelayanan, sikap ramah dan menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

Pengelolaan desa wisata ini kata Frits, untuk merangsang pertumbuhan perekonomian masyarakat melalui pengembangan secara terpadu.

Pemkab juga sedang menata kawasan Ponelo Kepulauan sebagai desa wisata yang akan menunjang keberadaan objek wisata unggulan Pulau Saronde.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013