Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat dengan menggelar pelatihan integrasi layanan primer (ILP) di Kota Gorontalo, Selasa.

"Saya sengaja menyempatkan ke sini karena ingin melihat bagaimana ini dikembangkan, disempurnakan sehingga betul-betul bisa kita gunakan untuk mengintervensi persoalan kesehatan dan siklus hidup manusia," ucap Penjabat Sekretaris Daerah Budiyanto Sidiki.

Ia mengatakan, fokus transformasi layanan primer adalah mengintegrasikan layanan kesehatan sesuai siklus hidup manusia melalui upaya promotif dan preventif.

Hal tersebut dilaksanakan oleh Puskesmas dan jejaringnya yang kemudian didekatkan kepada masyarakat, sampai tingkat dusun, sehingga layanan kesehatan yang berkualitas dapat diakses masyarakat.

Maka Posyandu prima (integrasi dari Pustu dan Poskesdes) akan tersedia di setiap desa dan posyandu di tingkat dusun. Situasi kesehatan di setiap desa dapat dipantau melalui papan instrumen yang dibuat berdasarkan Pemantauan Wilayah Setempat (PWS).

"Kami akan mencermati hasil pelatihan ini semoga bisa memberikan masukan bagi kami pengelola forum sekretariat satu data untuk bisa menjadi bagian dari kita mengintervensi dengan baik persoalan kesehatan," ungkap Budiyanto.

Budiyanto sangat mengapresiasi digelar nya pelatihan manajemen ILP. Menurutnya, kegiatan itu menjadi dasar mengintervensi persoalan terkait dengan upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 10-13 Juli 2023, pelatihan tersebut diikuti 111 peserta yang terdiri dari kepala Dinas Kesehatan beserta sekretaris, kepala bidang kesehatan masyarakat dan kepala bidang pelayanan kesehatan kabupaten/kota. Ada juga kepala bidang P2P, Kasubag perencanaan dan kepala puskesmas serta Pj. UKM Puskesmas lokus ILP kabupaten/kota.

Melalui kegiatan itu para peserta diharapkan dapat memahami kebijakan integrasi pelayanan kesehatan primer, serta bagaimana manajemen jaringan dan jejaring Puskesmas. Peserta juga harus mampu memahami pendekatan pelayanan Kesehatan berorientasi siklus hidup dan keluarga, juga mengaplikasikan pelaksanaan ILP.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023