Pedagang bendera dan umbul-umbul merah putih musiman mulai bermunculan di sejumlah ruas jalanan di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo menjelang hari kemerdekaan RI ke 78.

Mulai dari jl HB Yassin, Ahmad Yani, Sudirman hingga jl Arif Rahman Hakim banyak pedagang bendera menjajakan dagangannya dengan harga dan ukuran yang bervariasi.

Salah seorang pedagang di jl Ahmad Yani, Marwan Gunawan mengaku berjualan bendera mulai harga Rp5 ribu hingga Rp300 ribu.

"Yang paling murah bendera merah putih untuk dipasang di motor, lalu ada juga umbul-umbul dan kain latar," ucap dia.

Pedagang asal Garut, Jawa Barat tersebut sengaja datang ke Gorontalo untuk berjualan bendera serta pernak pernik hari kemerdekaan Indonesia.

"Setiap tahun saya datang ke Gorontalo, ini sudah tahun ke enam," ungkap dia.

Untuk penjualan kata dia, masih sepi karena menurutnya pengumuman atau pemberitahuan untuk pemasangan bendera baru akan dimulai pada 1 Agustus besok.

"Masih sepi, karena biasanya satu pekan menjelang hari kemerdekaan baru ramai," kata dia.

Sementara itu, pedagang bendera lainnya di jl HB Yassin, Riski Putra mengatakan sudah mulai berjualan sejak satu pekan lalu.

"Memang sekarang belum terlalu ramai yang beli, tapi setiap hari ada saja yang terjual," ucap dia.

Ia menambahkan, hari kemerdekaan RI selalu menjadi momen untuk dia dan pedagang musiman lainnya untuk berjualan bendera dan pernak pernik merah putih.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023