Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Budiyanto Sidiki mengatakan Indeks Desa Membangun (IDM) Provinsi Gorontalo tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya.

"Jumlah desa mandiri mengalami kenaikan menjadi 93 desa, maju 306 desa dan tertinggal sisa tiga desa," ucap Sekda di Gorontalo, Rabu.

Menurut Budiyanto Sidiki jumlah desa mandiri tahun 2023 naik dari jumlah tahun lalu yang hanya 44 desa. Anggaran dana desa serta kolaborasi bersama yang dilakukan selama ini turut memberikan sumbangsih atas peningkatan IDM.

"Saya apresiasi dan ucapkan selamat atas pencapaian jumlah desa mandiri sebanyak 93 desa ini, saya kira ini pencapaian yang luar biasa,” ujar Budi.

Budi berharap 93 desa yang berstatus mandiri tersebut tidak hanya sekadar status saja, melainkan sudah menjadi desa-desa yang lepas dari masalah angka kemiskinan, stunting (tengkes) serta inflasi. Oleh karena itu, ia meminta Kepala Dinas Dukcapil dan PMD dapat memastikan kembali terkait hal tersebut.

"Harapan saya, 93 desa ini harus sudah lepas dari problem kemiskinan, stunting dan inflasi. Jangan sampai kategorinya desa mandiri, tapi begitu ditinjau berkaitan dengan tiga itu, ternyata malah angka kemiskinannya tinggi, stunting juga tinggi, kemudian inflasi nya juga tidak terkendali, kan ini nanti jadi pertanyaan. Makannya perlu kita pastikan lagi," ungkap dia.

Diketahui 93 desa yang berstatus mandiri tersebut berasal dari Kabupaten Bone Bolango 40 desa, disusul Kabupaten Gorontalo Utara sebanyak 24 desa, Kabupaten Gorontalo 22 desa, Kabupaten Pohuwato empat desa, dan Kabupaten Boalemo tiga desa.

Sebelumnya, Budiyanto Sidiki mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa yang dirangkaikan dengan penandatanganan berita acara terkait penetapan status desa IDM. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023