Kontingen Provinsi Gorontalo berhasil mengukir prestasi di tingkat nasional, pada kegiatan Madrasah Fest 2023 di Provinsi Banten.

"Ini prestasi membanggakan bagi Gorontalo," kata Sekretaris Daerah Provinsi yang juga Ketua Umum LPTQ Gorontalo Budiyanto Sidiki di Gorontalo, Minggu.

Dua siswa madrasah Gorontalo tersebut meraih prestasi pada cabang hafalan hadis (Memorizing Hadith). Yaitu Abdurrahman Mukhlis siswa Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kabupaten Bone Bolango.

Abdurrahman berhasil meraih juara kedua pada kategori putra.

Prestasi lainnya dipersembahkan oleh siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Kota Gorontalo, atas nama Humairah Hasan. Siswi ini termasuk dalam program Binaan Khusus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Gorontalo.

Humairah berhasil meraih juara ketiga pada cabang lomba Tilawah Quran (Reciting Holy Qur’an).

“Alhamdulillah binaan LPTQ sudah bisa menunjukkan prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus melakukan pembinaan ke depan,” kata Budiyanto Sidiki.

Ketua I LPTQ Gorontalo Yaser Arafat Dama mengatakan pada Madrasah Fest 2023, Provinsi Gorontalo mengirimkan 18 peserta yang terdiri dari siswa Madrasah Ibtidaiah, Tsanawiah, dan Aliah.

Kedua siswa yang berhasil meraih prestasi tersebut masing-masing dilatih oleh guru yang juga sekaligus sebagai pengurus dan tim pelatih pada LPTQ Gorontalo.

"Cabang hafalan hadis dilatih oleh ibu Rahmasari dan tilawah pelatihnya bapak Yudin Muhamad. Keduanya sebagai pengurus LPTQ dan juga pelatih pada STQH dan MTQ Provinsi Gorontalo," kata Yaser.

Madrasah Fest merupakan Olimpiade tingkat madrasah se-Indonesia dalam bidang Al-Qur’an, hadis, kitab klasik, dan seni keislaman.

Cabang olahraga yang dilombakan pada Madrasah Fest di antaranya hafalan Al-Qur’an (Memorizing Holy Qur’an), tilawah Al-Qur’an (Reciting Holy Qur’an), serta hafalan hadis (Memorizing Hadith).***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023