Satu unit rumah di Jalan Taman Bunga Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo hangus terbakar, Senin.

Perwira Piket Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Gorontalo Asril Ludu mengatakan, api diduga berasal dari tungku yang ada di bagian dapur rumah tersebut.

Sebelumnya, pihaknya menerima informasi tentang peristiwa tersebut dari pihak Polsek Kota Timur dan langsung menuju ke lokasi kejadian.

"Ada dua unit mobil damkar yang kami terjunkan dan ditambah satu unit milik Pemerintah Provinsi," katanya.

Menurutnya, pihaknya sempat mendapat kendala saat mengakses rumah yang terbakar, karena lokasinya yang harus melewati gang sempit, sehingga mobil damkar tidak dapat mendekat.

Namun demikian pihaknya berupaya memadamkan dari jarak yang lebih dekat.

"Proses pemadaman berlangsung sekitar 30 menit. Untuk korban jiwa, dapat dipastikan tidak ada. Aparat Kepolisian juga sudah memeriksanya," katanya.

Pihaknya menduga, hembusan angin yang cukup kencang membuat api dari tungku dengan cepat menyebar ke bagian bangunan rumah.

"Kami telah berusaha semaksimal mungkin, namun apinya sangat cepat membesar sehingga hanya hitungan beberapa saat menghanguskan hampir seluruh bagian bangunan," katanya.

Meski demikian, kebakaran pada satu rumah tersebut tidak sempat menyebar ke rumah warga lainnya, mengingat jarak rumah di pemukiman tersebut berdekatan.

Ia mengatakan pihaknya belum dapat memastikan nominal kerugian yang dialami oleh pemilik rumah, namun tidak ada satupun barang berharga yang sempat diselamatkan oleh pemilik rumah, karena kobaran api yang begitu cepat membesar.


Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023