Personel Kepolisian Sektor (Polsek) Kota Barat mengamankan tujuh orang pemuda serta dua unit sepeda motor, yang diduga kuat terlibat dalam aksi balap liar di wilayah Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kapolsek Kota Barat Iptu Eldo A. S. Rawung di Gorontalo, Rabu mengatakan bahwa usai menerima laporan dari masyarakat, ia bersama personel langsung bergerak dan melakukan penyisiran ke sejumlah ruas jalan yang disinyalir dijadikan arena balap liar.

"Saat melakukan penyisiran di Jalan Raja Eyato, kami menemukan sekelompok pemuda sedang melakukan aksi balap liar. Mereka langsung kami amankan," katanya.

Ia mengatakan para pemuda yang diamankan tersebut, rata-rata masih berusia di bawah umur dengan domisili yang sama. Sementara untuk sepeda motor yang digunakan, telah dimodifikasi khusus untuk balapan atau tidak sesuai standar pabrikan.

"Pelaku bersama sepeda motor tersebut, langsung kami bawa ke Mapolsek Kota Barat, untuk pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Kapolsek mengatakan, tindakan yang dilakukan ini adalah respon cepat aparat Kepolisian terhadap laporan masyarakat, yang mengaku resah dengan aktifitas balap liar di lokasi tersebut.

Terlebih saat ini pihak Kepolisian di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo tengah melaksanakan Operasi Penyakit Masyarakat (Ops Pekat) Otanaha III tahun 2023.

"Aksi balap liar ini jelas sangat meresahkan masyarakat, bahkan mengganggu arus lalu lintas dan membahayakan pelaku itu sendiri, maupun pengguna jalan lainnya," kata Kapolsek.

Ia mengatakan terkait dengan barang bukti sepeda motor yang diamankan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Gorontalo Kota.

Kapolresta Gorontalo Kota Kombes Pol. Ade Permana mengimbau kepada masyarakat, untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan sekitarnya masing-masing.

"Jika ada warga yang mengetahui, melihat, menemukan adanya aktivitas yang dapat mengganggu situasi kamtibmas, silahkan laporkan kepada aparat Kepolisian terdekat, agar dapat segera ditangani" imbuhnya.*

Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023