Jajaran Kepolisian Resor Kota (Polresta) Gorontalo Kota, melaksanakan kegiatan penanaman ribuan bibit pohon berbagai jenis, demi menjaga kualitas udara khususnya di wilayah setempat.

Kapolresta Gorontalo Kota Kombes Pol. Ade Permana di Kota Gorontalo, Rabu mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Polri secara serentak di seluruh wilayah Indonesia ini, mengusung tema "Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini".

"Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Mengapa dipilih pohon, karena sebagai lambang kehidupan," kata Ade Permana.

Untuk wilayah Kota Gorontalo sendiri, kata dia, dipusatkan di lapangan menembak Polresta Gorontalo Kota, yang berlokasi di Kelurahan Botu, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo.

"Kami turut melibatkan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat Kota Gorontalo, para camat, lurah serta para tokoh dan masyarakat," katanya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya menyediakan lebih dari 200 bibit pohon berbagai jenis yang ditanam di sekitar lokasi lapangan menembak. Sementara untuk tingkat Polsek jajaran, telah disiapkan lebih dari 1000 bibit pohon untuk ditanam di setiap lahan yang tersedia di wilayah masing-masing Polsek.

"Dengan penanaman bibit pohon ini, kami ingin memberikan nilai bahwa Polri adalah penjaga kehidupan. Bagian dari penjaga kehidupan, baik itu masyarakat serta lingkungan hidup," kata dia.

Ia mengatakan walaupun di Kota Gorontalo ketersediaan lahan mulai terbatas namun pihaknya terus berkomitmen untuk memanfaatkan semua lahan yang tersedia untuk ditanami pohon.

"Kami berharap tidak hanya sampai pada menanam saja, tapi ini berlanjut pada pemeliharaannya," katanya.

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam di lokasi tersebut, maupun di tingkat Polsek jajaran, seperti pohon sirsak, mangga, rambutan, serta berbagai jenis pohon buah lainnya.

"Pohon ini bisa memberikan oksigen yang diperlukan oleh seluruh makhluk hidup. Oleh karenanya kegiatan ini sangat patut kita lakukan," katanya.***

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023