Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo AKBP Andik Gunawan mengajak warga di daerah itu untuk melestarikan lingkungan, di antaranya dengan membiasakan menanam pohon di lahan yang kosong.

"Menanam pohon dapat dilakukan di lahan tidur, pekarangan rumah, areal kantor maupun tepi jalan," katanya di Gorontalo, Kamis.

Ia menjelaskan, menanam pohon bisa dilakukan ketika jalan dan memakan buah, kemudian bijinya ditanam di tepi jalan. Selanjutnya berdoa supaya tumbuh dan pohon yang besar dan berkontribusi menjadi salah satu pendukung "paru-paru" dunia.

Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan di daerah itu untuk bergerak bersama melestarikan lingkungan dengan melakukan penanaman bibit pohon. Seperti yang dilakukan pihaknya di areal Mapolres setempat.

Bersama pemerintah daerah dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta personel Polres hingga Polsek, pihaknya melakukan penanaman seribu bibit pohon.

"Kita berdoa setelah penanaman ini akan turun hujan agar bibit yang ditanam tumbuh. Selain pemeliharaan yang dapat dilakukan oleh siapa saja agar bibit pohon yang ditanam cepat tumbuh besar," katanya.

Ia berharap, gerakan melestarikan lingkungan tidak hanya dilakukan di kalangan orang dewasa, namun menjangkau pelajar di seluruh jenjang pendidikan.

"Kita menanam secara masif sebagai upaya bersama melestarikan lingkungan di daerah ini," katanya pula.

Terkait penanganan dampak El Nino dan kekeringan, Kapolres Andik meminta pemerintah daerah menyusun perencanaan (full engineering) yang tepat agar penanganan nya pun tepat.

"Masalah kekeringan bukan baru pertama kali dihadapi daerah ini sehingga perencanaan yang tepat sangat diperlukan," katanya.

Mulai dari merencanakan pengelolaan air, melakukan penanaman pohon yang bisa berfungsi menampung air harus dilakukan dengan tepat.

Olehnya ia mengimbau agar jangan menebang pohon sembarangan sebab fungsi menyimpan air sangat diperlukan.

"Dengan memetakan dan merencanakan langkah langkah tepat, saya optimistis penanganan dampak El Nino dan kekeringan di daerah ini akan mudah diatasi," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023