Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta membuka kelas gratis untuk mata kuliah kecerdasan digital tentang teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

"Kita ingin mengajak anak muda mengambil manfaat dan menjadi pemenang dari transformasi digital," kata Dekan Fisipol UGM Dr Wawan Mas’udi melalui keterangan resmi Humas UGM di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Wawan, kelas mata kuliah yang dibuka secara gratis itu menawarkan tiga pilihan kelas yakni Kecerdasan Digital Dasar, Kecerdasan Digital Lanjutan, serta Kelas Transformasi Digital dan Pemilu.

Dia mengatakan pendaftaran dibuka sejak 18 Agustus hingga 18 September 2023. "Hingga saat ini sudah ada sekitar 1.000 orang yang sudah mendaftar," ucap Wawan.

Wawan menjelaskan pembukaan kelas mata kuliah kecerdasan digital tersebut dimaksudkan untuk mencetak talenta digital baru dan meningkatkan kesiapan digital masyarakat Indonesia .

Menurut dia, pembukaan kelas gratis kecerdasan digital sudah diinisiasi sejak tiga tahun lalu dan sudah berjalan pembukaan 20 kelas yang diikuti lebih dari 20 ribu peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dia berharap pembukaan kelas mata kuliah kecerdasan digital mampu mencetak talenta digital baru serta mengajak anak muda bisa memanfaatkan peluang transformasi digital yang tengah berkembang sekarang ini.

"Jangan sampai kita ketinggalan ketika ada peluang transformasi digital," tuturnyaa.

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani mengatakan pemerintah mendorong percepatan transformasi digital dengan cara meningkatkan literasi digital yang masih berada di indeks 3,54.

"Indeks literasi digital kita masih 3,54 meningkat dari tahun sebelumnya 3,19, tapi itu belum cukup. Perlu ditingkatkan lagi dengan mendorong program peningkatan literasi digital nasional dengan menjangkau seluruh masyarakat, karena transformasi digital tidak boleh ada yang ditinggalkan," ujarnya.

Pewarta: Luqman Hakim

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023