Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya meminta pengurus dan anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Gorontalo harus memiliki integritas dan tanggung jawab dalam bertugas.

"Intinya Peradi harus jujur, dapat dipercaya, jaga kompetensi dan integritas diri," ucap Ismail usai hadir pada pelantikan anggota Peradi Gorontalo di Kota Gorontalo, Rabu.

Pengurus dan anggota Peradi, lanjutnya harus kenal dan membangun komunikasi yang baik dengan unsur TNI, Polri, Kejaksaan dan Pengadilan di semua tingkatkan.

Sebab pengacara bisa berbeda peran di pengadilan atas nama hukum, namun sama di luar pengadilan atas nama individu.

"Harus tau mana Kapolda mana Kapolres. Mana jaksa, hakim, kepala biro hukum, sekda dan lain lain. Hubungan baik harus dijaga," ujar dia.

Pelantikan 12 advokat muda dilakukan oleh Ketua DPC Peradi Kota Gorontalo Arif Mahfudin Ibrahim. Wakil Sekretaris Jenderal Muda Peradi Pusat itu juga menjabat sebagai Staf Khusus Gubernur Gorontalo Bidang Hukum.

12 advokat muda yang dilantik sebagai anggota Peradi sebelumnya telah melalui proses seleksi Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). Mereka lulusan dari perguruan tinggi dengan jurusan hukum terakreditasi baik.

Ketua DPC Peradi Gorontalo Arif Mahfudin Ibrahim menyebut 12 orang yang baru saja dilantik akan menjalankan tugas yang sama dengan pengurus Peradi lainnya. Pelantikan Peradi dilaksanakan satu kali setiap tahunnya.

"Ini agenda rutin kami setiap tahun dengan melalui beberapa proses, salah satunya melalui PKPA atau Pendidikan Khusus Profesi Advokat. PKPA sendiri kami lakukan dengan standar khusus, dimana harus sarjana Fakultas Hukum minimal yang terakreditas baik. Jadi para advokat ini kami sudah sortir dari saat mereka ikut PKPA," kata Arif.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga integritas serta kualitas calon advokat itu sendiri. Oleh sebab itu Peradi Gorontalo menurutnya, telah bekerja sama dengan seluruh Dekan Fakultas Hukum se Provinsi Gorontalo, sebagai filter keanggotaan hingga nanti sampai pada pelantikan dan pengambilan sumpah.

"Tercatat sudah ada 354 advokat di Gorontalo. Dan di Gorontalo sendiri sertifikasi advokat muda itu sangat disortir. Contohnya di Manado banyak advokat yang dari luar berkantor di sana, tapi di Gorontalo memang hanya dari Gorontalo saja," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023