Pemilihan Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) periode 2023-2027 diikuti oleh tiga orang kandidat yaitu Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok ST, MT, Dr. Ir. Sardi Salim M.Pd. IPU dan Dr. Raflin Hinelo S.Pd, M.Si.

Ketua panitia pemilihan Rektor UNG Dr. Funco Tanipu ST, MA, di Gorontalo, Selasa, mengatakan proses pemilihan digelar secara tertutup dan dikawal oleh pihak kepolisian dan staf keamanan universitas.

"Besok Rabu (6/9) akan dilakukan pemilihan Rektor UNG secara tertutup, setelah ada hasilnya akan diumumkan," kata Funco.

Ia menjelaskan besok akan dilakukan pemilihan Rektor UNG dengan suara senat dan dari Kementerian. Porsi suaranya 35 persen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan. Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan 65 persen untuk senat.

Calon Rektor UNG yaitu Eduart Wolok merupakan petahana, selanjutnya Sardi Salim merupakan Dekan Fakultas Teknik, serta Raflin Hinelo merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

"Semoga pada saat pemilihan besok akan lancar. Kita serahkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ujar Funco Tanipu.

Ketua Senat UNG Prof. Dr. Rauf Hatu M.Si, meminta agar semua tetap optimistis prosesi pemilihan rektor akan berjalan lancar dan mulus.

Sebelumnya tiga kandidat tersebut terpilih jadi calon rektor UNG setelah menyampaikan visi misi juga program kerja di hadapan senat perguruan tinggi.

Profesor Rauf menjelaskan untuk suara tertinggi diperoleh Eduart sebanyak 60 suara, Raflin sebanyak tiga suara, Sardi dua suara, serta Weny sebanyak satu suara. Dari hasil itu ditetapkan yang maju ke tahap selanjutnya hanya tiga kandidat yakni Eduart Wolok, Sardi Salim, dan Raflin Hinelo.

"Ketiganya melaju ke pemilihan Rektor UNG. Sebelum pemilihan besok, pihak Kementerian (Kemendikbudristek) juga telah melaksanakan penilaian rekam jejak dan wawancara yang dilakukan oleh tim Kementerian. Wawancara pada Senin (4/9) dilakukan langsung oleh Sekjen Kementerian, Dirjen Dikti, Sesditjen Dikti, Irjen Kementerian, dan Biro SDM Kementerian," ungkap Rauf.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023