Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Harga jual tomat lokal Gorontalo disejumlah pasar tradisonal di Kabupaten dan Kota Gorontalo, mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Pantauan ANTARA, dipasar Limboto, harga tomat yang beberapa hari sebelumnya dijual seharga Rp5000-Rp6000/kg naik menjadi Rp10.000/kg.

Ismail J, seorang pedagang tomat di pasar Limboto mengatakan, sudah dua hari ini, harga tomat naik.

"Dua hari sebelumnya harga tomat hanya Rp6000/kg, sekarang sudah Rp10.000/kg, hal tersebut dikarenakan musim panas yang mulai melanda wilayah penghasil tomat di Kabupaten Gorontalo," ungkap Ismail.

Hal serupa dikatakan Desy, pedagang di pasar Sentral Kota Gorontalo, bahwa harga tomat dari petani naik lagi, yang pada awal Pebruari anjlok yakni Rp3000/kg.

"Sekarang harga tomat dipetani, per 7 kilogram naik menjadi Rp55.000, oleh karena itu, kami para pedagang harus menyesuaikan dengan harga tersebut, " kata Desy.

Chandra, seorang konsumen mengatakan, harga tomat saat ini naik, padahal beberapa hari lalu hanya Rp6000. Katanya.

Menrut dia, harga komoditi tersebut kemungkinan akan terus mengalami kenaikkan, sebab saat ini cuaca di Gorontalo sedang musim kemarau, banyak areal perkebunan yang kering dan tidak bisa diolah untuk ditanami.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016