Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo mulai menggelar rangkaian lomba dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) 2023 di Kota Gorontalo.
Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif di Gorontalo, Senin, mengatakan rangkaian kegiatan HSN dimulai dengan lomba olahraga badminton, tenis meja, catur cepat, domino, kesenian, dan kompetisi tim statistik.
 
"Kita memulai rangkaian kegiatan lomba dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN) BPS Provinsi Gorontalo," ucap dia.
 
Peringatan HSN, kata dia, mempunyai makna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya statistik.
 
Pada 2023, peringatan HSN mengangkat tema "Statistik Berkualitas Untuk Indonesia Maju. Hari Statistik Nasional jatuh setiap 26 September, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik di Indonesia pada 26 September 1960.
 
Mukhanif berharap, melalui kegiatan yang dilaksanakan nantinya tidak sekadar untuk menyuarakan Hari Statistik Nasional, namun menjadi momentum bagi seluruh pegawai untuk mempererat silaturahim dan meningkatkan potensi di bidang olahraga maupun lainnya.
 
"Jadi apa yang kita lombakan pada tahun ini minimal menjadi kesempatan kita untuk berkumpul bersilaturahmi di sini. Semua peserta lomba mari kita ikuti kegiatan lomba ini dengan gembira dan serius," ujar dia.
 
Selain olahraga dan kesenian,  peringatan HSN 2023 diisi juga dengan seminar nasional bersama gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).
 
Selain itu, bakti sosial ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, sedangkan pada puncak peringatan, 26 September, akan dilaksanakan apel HSN yang dirangkaikan dengan penghargaan statistik, donor darah, dan kegiatan lainnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023