Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, terus berkomitmen dalam akselerasi percepatan digitalisasi daerah melalui berbagai program pada triwulan tiga tahun 2023.

Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Bone Bolango Iwan Mustapa di Gorontalo, Selasa mengatakan pihaknya telah menyiapkan program peningkatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) semakin meluas.

BKPD Bone Bolango siap meluncurkan aplikasi KLIK PAD yang merupakan katalog layanan informasi dan pembayaran pendapatan asli daerah (PAD) dengan versi aplikasi yang lebih ramah, lebih banyak fitur dan versi baru dari aplikasi Sistem Integrasi Keuangan dan Pendapatan (SIKAP).

"Ini akan menjadi aplikasi penggerak ETPD baik pajak daerah, retribusi daerah maupun lain-lain PAD misalnya tuntutan ganti rugi atau TGR," ucap dia.

Harapannya dengan KLIK PAD, masyarakat selaku wajib PAD juga akan makin banyak menggunakan aplikasi untuk memperoleh informasi dan pembayaran PAD secara non tunai.

Ia mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango semakin menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui layanan Jemput Pajak Daerah (JEJAK), serta penguatan implementasi pembayaran PAD secara non tunai di berbagai sektor retribusi daerah misalnya di sektor wisata, kebersihan, kesehatan, pasar dan sektor-sektor lainnya.

"Hal ini sebagaimana harapan Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Merlan S. Uloli untuk bagaimana digitalisasi pemerintahan menjadi motor dalam reformasi birokrasi dalam upaya peningkatan layanan publik dan optimalisasi PAD," ungkap Iwan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma menuturkan, segala hal yang dilakukan selama ini dalam digitalisasi transaksi telah berada pada jalur yang tepat, dan akan terus didorong dan ditingkatkan untuk efisiensi belanja, optimalisasi PAD, dan perbaikan layanan publik kepada masyarakat selaku wajib PAD.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023