Penjabat Sekda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki mengatakan, data yang diperoleh dari para responden Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo bermanfaat dalam merumuskan kebijakan.

"Ini sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan," ucap Budi pada temu responden Bank Indonesia Provinsi Gorontalo tahun 2023 di Kota Gorontalo, Selasa.

Penjabat Sekda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki menyampaikan apresiasi nya kepada Bank Indonesia dan lembaga terkait lainnya, yang sudah menjalankan tugas dalam menyediakan kajian dan proyeksi indikator makro ekonomi. 

"Untuk memperoleh data, berbagai instansi seperti Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, dan lainnya, membutuhkan data-data dari bapak ibu pelaku usaha," kata Budi. 

Hasil dari para responden diharapkan dapat membantu otoritas melalui penyediaan yang lengkap, benar, dan tentunya tepat waktu. Dengan adanya data yang baik, tentunya hasil proyeksi dan penyusunan indikator perekonomian dan arah kebijakan pemerintah daerah akan semakin mencerminkan kondisi perekonomian saat ini.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Dian Nugraha memaparkan gambaran kondisi perekonomian terkini di Provinsi Gorontalo.

"Kami sampaikan pada triwulan II 2023, perekonomian Gorontalo tercatat tumbuh sebesar 4,25 persen yoy," ucap Dian pada temu responden tahun 2023 di Kota Gorontalo, Selasa.

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Gorontalo baik secara tahunan dan kuartalan mengalami perbaikan dibandingkan triwulan I 2023. 

Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Gorontalo masih lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi wilayah Sulawesi, Maluku, Papua 6,56 persen yoy dan nasional 5,17 persen yoy.

Ia menjelaskan, kegiatan temu responden merupakan bentuk apresiasi Bank Indonesia kepada para responden survei kantor Perwakilan BI Gorontalo yang telah bekerjasama dengan baik dalam penyediaan data selama tahun 2023. 

Data tersebut terdiri atas responden Survei Konsumen (SK), Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Survei Penjualan Eceran (SPE) serta Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) di tingkat produsen, pedagang besar, dan pasar tradisional.

 
Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Dian Nugraha memberikan sambutan pada Temu Responden BI tahun 2023 di Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa (17/10/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023