Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mengenalkan aplikasi Katalog Layanan Informasi dan Pembayaran PAD (Klik PAD).

Kepala BKPD Bone Bolango Iwan Mustapa di Gorontalo, Rabu mengatakan aplikasi itu adalah wujud Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) memberi kemudahan dan transparansi transaksi untuk wajib pajak dan retribusi.

Ia menjelaskan Klik PAD merupakan pengembangan dari aplikasi SIKAP. Pada aplikasi SIKAP kata dia hanya fokus untuk mendukung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengguna, maka aplikasi itu merupakan perluasan sampai ke tingkat masyarakat.

"Selama ini masyarakat selaku wajib pajak dan retribusi tidak memiliki akses langsung terhadap sistem kita," ucap Iwan.

Melalui aplikasi Klik PAD tersebut kata Iwan, masyarakat selaku wajib pajak bisa langsung memperoleh akses bahkan bisa langsung melakukan pembayaran pada aplikasi Klik PAD melalui kanal pembayaran yang sudah disediakan.

Iwan mengungkapkan, pada dengan semester I tahun 2023, indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Bone Bolango di angka 98,5 persen. Ia mengatakan hal itu membutuhkan perbaikan dari segi realisasi, termasuk bagaimana seluruh realisasi belanja dan pendapatan dilakukan secara non tunai.

"Kita harus terus mengembangkan dan meningkatkan ETPD dengan cara mempertahankan transaksi belanja dan pendapatan secara non tunai sehingga tercapai ekosistem transaksi digital di Bone Bolango, efisiensi belanja dan optimalisasi PAD," kata Iwan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendapatan BKPD Bone Bolango, Adisaputera Karim menambahkan, dengan Klik PAD pihaknya ingin menggerakkan dan mengubah masyarakat dengan memiliki kesadaran dalam melakukan pembayaran pajak dan retribusi secara mandiri.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023