Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mulai merakit kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024.
Ketua KPU Gorontalo Utara Munawir Ismail di Gorontalo, Kamis mengatakan sebanyak 2.082 kotak suara yang akan dirakit selama 10 hari sejak 23 November 2023.
 
"Saat ini yang telah dirakit mencapai 482 kotak suara. Satu diantaranya rusak disebabkan materialnya memang dalam kondisi rusak. Kerusakan tersebut bukan akibat kesalahan perakit. Namun kami segera melakukan permintaan pergantian material pengganti," katanya.
 
Kotak suara terbuat dari material plastik transparan. Pihaknya, kata Munawir merekrut para tenaga profesional untuk merakit seluruh kotak suara yang akan didistribusi di 412 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di 123 desa di 11 kecamatan.
 
Sesuai standar operasional prosedur (SOP) perakitan dimulai pukul 08.00 WITA, dan berakhir pukul 16.00 WITA.
 
Pihaknya pun, kata koordinator divisi keuangan, umum dan logistik tersebut, menyiapkan konsumsi mulai sarapan pagi (kue dan kopi), juga makan siang untuk para perakit.


Proses perakitan diawasi pihak Bawaslu Kabupaten, Kepolisian, pengamanan dalam (KPU) dan Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Gorontalo Utara.

Setelah merakit kotak suara, pihaknya, kata Munawir akan melakukan pelipatan surat suara.

"Kita akan merekrut tenaga untuk proses pelipatan surat suara tersebut sesuai mekanisme yang berlaku.
Proses perakitan kotak suara Pemilu Tahun 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023