Dinas Kelautan dan Perikanan Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo berupaya untuk mempermudah akses nelayan perikanan tangkap untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

"Keperluan BBM menjadi hal yang sangat penting dikarenakan kegiatan usaha penangkapan ikan sangat bergantung terhadap bahan bakar untuk operasional melaut," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gorontalo Utara Faizal Piu di Gorontalo, Kamis.

Menurut dia, dengan memanfaatkan BBM bersubsidi tentunya akan menekan biaya operasional nelayan sehingga bisa meningkatkan pendapatan.

Kendala yang dialami nelayan di daerah ini, kata dia, antara lain adalah lemahnya administrasi ke-nelayan-an.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya berupaya dan berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait dalam rangka agar nelayan dapat dengan mudah mengakses BBM bersubsidi.

"Saya telah beberapa kali mengikuti sosialisasi dan rapat koordinasi terkait pelayanan rekomendasi BBM. Urusan BBM ini menjadi perhatian untuk menjadi perhatian serius oleh instansi kami," katanya.

Ia mengatakan dalam waktu dekat akan melaksanakan sosialisasi peraturan terbaru terkait mekanisme dalam pengurusan rekomendasi BBM bagi nelayan.

Sosialisasi ini sangat penting karena untuk dapat dengan mudah mengakses BBM bersubsidi, nelayan harus menggunakan aplikasi, kemudian hal-hal lain yang bisa menghambat nelayan tentunya akan dicarikan solusi terbaik.

"Dengan begitu nelayan mendapat kemudahan dalam mengakses BBM bersubsidi, sehingga bisa berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan nelayan," katanya.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023