Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bone Bolango Merlan Uloli menyebut guru sebagai penggerak pembangunan sumber daya manusia memiliki peran dan tanggung jawab yang besar, terutama dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur sekaligus unggul dalam bidangnya.

Menurut dia, walaupun saat ini aktivitas belajar dapat dilakukan melalui sarana teknologi yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh, kehadiran seorang guru tidak serta-merta dapat digantikan oleh perangkat teknologi itu.

"Suri teladan dalam proses pembelajaran formal, menjadi aspek penting bagi perkembangan karakter para siswa. Dalam bahasa kekinian, membentuk Profil Pelajar Pancasila," ujarnya, di Bone Bolango, Rabu. 

Ia menjelaskan Profil Pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Merlan berpesan kepada calon guru dari Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yang merupakan rangkaian kebijakan Merdeka Belajar, bahwa mereka disiapkan menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran.

Ia berharap para calon guru penggerak memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah, serta pengembangan sekolah.

Merlan ingin para calon guru penggerak dapat lulus dan mewujudkan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan di Kabupaten Bone Bolango sebagai bagian dari NKRI, di mana keberpihakan pada murid menjadi orientasi utama.

"Paling terpenting adalah mendorong kepemimpinan siswanya dengan menjadi menjadi teladan serta agen transformasi ekosistem pendidikan Profil Pelajar Pancasila," katanya.

Pengadministrasi Data Penyajian Informasi dan Publikasi Hugen Suleman menjelaskan bahwa pendidikan guru penggerak merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar episode kelima untuk mewujudkan guru yang berdaya dan memberdayakan.

"Program PGP bertujuan untuk memberikan bekal kepada guru menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi peserta didik dan aktif mengembangkan pendidik lainnya dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila," jelas Hugen.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023