Plt. Bupati Bone Bolango Merlan Uloli mengatakan berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupatennya mengalami kenaikan dari 71,39 pada tahun 2022 menjadi 71,97 pada tahun 2023.

Ia mengaku sangat bersyukur dengan hasil rilis tersebut. Menurutnya, kenaikan IPM menunjukkan semua program Pemerintah Daerah telah dirasakan oleh masyarakat.

"Ini artinya bahwa semua program pemerintah daerah, baik itu program kesehatan, pendidikan, hingga ekonomi sudah dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga IPM di Bone Bolango ini naik," ucap Merlan di Bone Bolango, Rabu.

Ia meminta, dalam situasi daerah yang memang sangat terbatas dan akan berfokus pada Pemilu 2024, prestasi tersebut harus dipertahankan dan dinaikkan bersama oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo menunjukkan, IPM Bone Bolango berada pada angka 71,97 satu tingkat di bawah Kota Gorontalo yang berada pada angka 78,60.

IPM Provinsi Gorontalo berada pada angka 71,25, selanjutnya Kabupaten Gorontalo 70,37, kemudian Pohuwato 69,30, Kabupaten Boalemo 68,78, dan diposisi terakhir ada Kabupaten Gorontalo Utara yang berada pada angka 68,00.

IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat (a long and healthy life), pengetahuan (knowledge), dan standar hidup layak (decent standard of living). IPM dihitung berdasarkan rata-rata geometrik indeks kesehatan, indeks pengetahuan dan indeks pengeluaran.

Penghitungan ketiga indeks itu dilakukan dengan melakukan standardisasi dengan nilai minimum dan maksimum masing-masing komponen indeks. IPM merupakan indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang.

Untuk melihat kemajuan pembangunan manusia, terdapat dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu kecepatan dan status pencapaian.*

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023